S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet

Program Studi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet

Status Terakreditasi “Baik” oleh BAN-PT

 

Visi Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet :

Menjadi program studi teknologi rekayasa internet yang menghasilkan lulusan yang terampil dalam bidang administrasi jaringan, data saintis, keamanan siber dan pengembang aplikasi bisnis tingkat lanjut di Tanah Papua

 

Misi Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berintegritas, percaya diri dan mampu mengembangkan diri dalam perkembangan IPTEK di bidang Teknologi Rekayasa Internet;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan inovasi di bidang teknologi rekayasa internet;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi rekayasa internet di Tanah Papua.

 

Tujuan Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet:

  1. Untuk menghasilkan lulusan yang terampil di bidang administrasi jaringan, data saintis, keamanan siber dan pengembang aplikasi bisnis tingkat lanjut yang siap pakai di dunia industri dan dunia usaha.
  2. Untuk menghasilkan penelitian berbasis teknologi rekayasa internet bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
  3. Untuk menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi rekayasa internet bagi dunia industri, dunia usaha dan masyarakat di Tanah Papua.

Profil Lulusan Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet:

No.PROFIL LULUSANDESKRIPSI PROFIL
1Administrator Jaringan (Network Administrator)Mampu menilai kebutuhan sistem komputer dan jaringan bagi organisasi, memasang dan menguji perangkat keras dan perangkat lunak, mengawasi dan melindungi keamanan sumber daya digital, melacak permasalahan sistem, serta mengawasi LAN, MAN dan WAN yang digunakan organisasi.
2Insinyur Jaringan (Network Engineering)Mampu mendesain dan mengimplementasikan lingkungan jaringan (networking environment), mengoptimalkan kinerja jaringan dengan pemantauan unjuk kerja, melakukan investigasi kesalahan jaringan dengan cakupan LAN, MAN dan WAN menggunakan informasi dari berbagai sumber, mengamankan sistem jaringan dengan perancangan dan administrasi firewall yang selaras dengan kebijakan keamanan IT, meningkatkan piranti jaringan data agar memiliki firmware terkini yang stabil, melakukan konfigurasi perangkat routing, switching, dan voice IP.
3Arsitek Jaringan (Network Architect)Mampu menghasilkan rencana, rancangan dan tata letak jaringan komunikasi data, menentukan jenis intermediary device jaringan dan perangkat keras, serta melakukan penelitian teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang akan datang.
4Pengembang Internet of Thing (Internet of thing developer)Mampu memantau dan merawat sistem IoT secara kelistrikan dan komunikasi data, mengembangkan perangkat lunak penunjang sistem yang dibutuhkan termasuk penunjang komunikasi melalui internet dan mengembangkan perangkat lunak pada sisi penerima data.
5TechnopreneurMampu memanfaatkan sistem IT dalam berwirausaha.

 

X